Lingkar Purwokerto

Wakil Ketua Baznas : Pj Bupati Banyumas Teladan Dalam Membayar Zakat

Jumat, 11 Oktober 2024 19.24

Wakil Ketua Baznas : Pj Bupati Banyumas Teladan Dalam Membayar Zakat

Suara Purwokerto - Pj Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar berkunjung ke Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas Jl Masjid No 9 Purwokerto Jumat pagi 11 Oktober 2024. Kehadhiran Pj Bupati ini tidak untuk kepentingan dinas, tetapi untuk menunaikan zakatnya kepada Baznas. 
Kehadiran Pj Bupati disambut oleh pimpinan Baznas dan staf, Pj  Bupati Iwanuddin langsung menuju loket penerimaan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS). Kepada petugas ZIS yang benama Arum, Iwanudin menunjukan penghasilan yang diterimanya pada bulan ini, Arum sejenak menghitung dan menyebut angka sebesar Rp 4,7 juta yang harus dibayarkan. Pj Bupati Iwanuddin meminta nomor rekening Baznas untuk melakukan transaksi pembayaran zakat. Setelah memastikan masuk penerima ZIS Arum memberikan tanda terima, Pj Bupati kemudian meniatkan bayar zakat dan didoakan oleh Wakil Baznas Muhammad Ridwan.
Usai membayar zakat Iwanuddin mengatakan bahwa ia mengaku bersyukur bahwa dirinya masih diberikan kesehatandan panjang umur sehingga dirinya bisa nununaikan zakat melalui Baznas Banyumas. Ia mempercayakan zakat melalui Baznas karena Baznas memiliki akuntabilitas yang bagus dan dana yang terkumpul melalui Baznas semata mata untuk  keumatan.
“Saya tau betul dana Baznas untuk pengentasan kemiskinan, mengurangi kebodohan melalui bea siswa, juga kegiatan lain yang menjadi kebutuhan umat. Untuk itu saya mengajak kepada siapapun yang mempunyai kelebihan dan sudah memenuhi kewajiban zakat untuk membayar zakat melalui Baznas. Yuk kita sama sama mencari kebaikan didunia dan akherat. Semoga kita semua masyarakat Banyumas diberikan kesehatan, kebaikan dan menjadikan masyarakat Banyumas semakin sejahtera,” katanya.
Wakil Ketua Baznas Kabupaten Banyumas H Muhammad Ridwan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pj Bupati Iwanuddin, yang berkenan langsung membayar zakat di kantornya, meski sebenarnya Pj Bupati bisa mengundang Tim Baznas untuk menjemput Zakat di Pendopo.
“Kami sangat bersyukur,  kami mendapat anugrah dimana Pak Pj Bupati Iwanuddin yang menjadi pemimpin di Banyumas saat ini, Beliau bisa menjadi uswah bagi kita semua, salah satu uswah yang dapat kita tiru adalah Beliau langsung menyetorkan zakat penghasilan melalui Baznas Banyumas. Sekali lagi ini adalah teladan bagi kita semua terutama ASN di Kabupaten Banyumas, bahwa beliau langsung mencontohkan, sebagai ASN, sebagai pemimpin di Banyumas Beliau membayar zakatnya melaui lembaga pemerintah yang resmi yaitu Baznas Kabupaten Banyumas,” katanya
Dari informasi yang dapat dihimpun, kebiasaan membayar zakat melalui Baznas, juga dilakukan saat masih menjadi Pj Bupati Brebes, setiap bulan melalui Baznas Kabupaten Brebes.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX