Lingkar Purwokerto

Bawaslu Banyumas Pastikan Logistik Surat Suara Sesuai Dengan Berita Acara Kesepakatan

Jumat, 11 Oktober 2024 12.23

Suara Purwokerto -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas melaksanakan pengawasan pengadaan logistik surat suara di CV Arya Duta Bogor, Kamis (10/10). 

Agenda pengawasan adalah pemantauan pencetakan surat suara dengan menyesuaikan pada master surat suara yang telah disepakati LO Pasangan Calon. 

Berdasarkan hasil pengawasan ketika proses cetak atau produksi bagian depan, yaitu gambar paslon dan logo KPU dan Pemda ditemukan ketidaksesuaian warna sebagaimana warna di master. Seperti misal gambar Paslon ketika proses cetak tampak lebih gelap, warna pada logo Pemda yang seharusnya kuning tampak orange.

Namun berdasarkan informasi dari penyedia jasa ketika berulang kali diupayakan agar dilakukan penyesuaian warna sehingga bisa sama dengan warna di masternya. Artinya tetap tidak bisa mendekati, karena ketika berusaha memperbaiki satu bagian ternyata bisa mempengaruhi warna yg lain, sehingga ketika Bawaslu dimintakan pendapatnya Bawaslu mengikuti kesepakatan awal sesuai yang tertuang dalam Berita Acara.

"Pada prinsipnya Bawaslu mengikuti hasil kesepakatan master file surat suara yg telah tertuang di BA, jadi ketika telah dilakukan berbagai upaya agar warna bisa sama dengan yang ada di master file surat suara, disepakati pada komposisi warna yang seimbang". Ujar Amin Latif Kordiv SDMO Diklat sebagai PIC Pengawasan Logistik.

Penulis: Ranizu

Editor: Afida

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX