Politik

Bawaslu Banyumas Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada dengan Gelar Budaya

Jumat, 11 Oktober 2024 12.26

Suara Purwokerto
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menggelar acara sosialisasi yang dikemas dengan gelar budaya di Lapangan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kamis (11/10/2024). Dalam kesempatan itu, Bawaslu mengajak masyarakat untuk “Sesarengan Ngawasi Pemilihan 2024”

Komisioner Bawaslu Banyumas Rani Zuhriyah menyampaikan, acara ini tidak hanya sebagai sosialisasi peran serta masyarakat dalam mengawasi pemilu, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan lokal. Diharapkan kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk ikut pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Banyumas semakin sadar akan pentingnya keterlibatan mereka dalam menciptakan Pilkada yang bersih dan jujur,” ujar Rani


Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dari grup ebeg singo limo. Terlihat antusias masyarakat menonton kesenian ebeg tersebut.

Rani berharap pesan- pesannya bisa diserap oleh masyarakat. Seperti ikut mengawasi pihak-pihak yang harus netral. Kemudian ajakan untuk mengecek dalam daftar pemilih. Serta yang paling penting adalah stop politik uang. 

"ASN, TNI, POLRI, Kades yang tidak netral laporkan saja kepada kami, ikut aktif kampanye misalnya." kata Rani

Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan Bawaslu Banyumas untuk memperkuat pengawasan di tingkat bawah memastikan Pilkada 2024 di Banyumas berlangsung aman, damai, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Penulis: Humasbawasli

Editor: Afida

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX