Politik

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat: Ketua KPU Banyumas Lepas Kirab Pilkada 2024 Kabupaten Banyumas

Selasa, 8 Oktober 2024 12.29

Suara Purwokerto - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Rofingatun Khasanah melepas Kirab Pilkada 2024 KPU Kabupaten Banyumas di Halaman Menara Teratai Purwokerto, Senin (7-10). Acara pelepasan ini turut didampingi oleh Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Banyumas.

Kirab Pilkada ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. Melalui kirab ini, KPU Kabupaten Banyumas berharap masyarakat dapat lebih memahami pentingnya hak pilih dan terlibat secara aktif dalam proses demokrasi yang berlangsung.

Kirab akan berlangsung mulai 7 Oktober hingga 4 November 2024, melewati 27 kecamatan dan 331 desa/kelurahan di Kabupaten Banyumas. Kirab ini dibagi dalam dua rute utama, dengan perjalanan perdana setelah pelepasan menuju kecamatan Tambak sebagai PPK pertama di Rute 1, dan kecamatan Jatilawang sebagai PPK pertama di Rute 2. Setiap kecamatan akan menjadi tuan rumah kirab selama dua hari sebelum kirab dilanjutkan ke kecamatan berikutnya.

Rute 1 akan melintasi jalur dari Menara Teratai melalui kecamatan Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Rawalo, Patikraja, Banyumas, Somagede, Kalibagor, Sokaraja, Kembaran, Sumbang, Baturaden, Purwokerto Utara hingga berakhir di Kantor KPU Kabupaten Banyumas. Rute 2 meliputi perjalanan dari Menara Teratai menuju Jatilawang, Wangon, Lumbir, Gumelar, Pekuncen, Ajibarang, Purwojati, Cilongok, Karanglewas, Kedungbanteng, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur, dan berakhir di Kantor KPU Kabupaten Banyumas.

Kirab menampilkan Maskot Pilkada Banyumas 2024, yang dinamakan Si Babas (Bawor Banyumas), diiringi Jingle Pilgub Jateng “Tentukan Pilihan” dan Jingle Pilbup Banyumas “Ayo Doloer Banyumas” dan bendera kirab. 

Pada hari pertama di setiap kecamatan, kegiatan dimulai dengan panggung demokrasi yang menyajikan sosialisasi Pilkada serta hiburan berupa pentas seni dan budaya seperti organ tunggal, Ebeg atau kuda lumping, sholawatan dan kesenian lainnya. Acara ini dirancang untuk menarik perhatian masyarakat sekaligus memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses pemilihan.

Hari kedua kirab diisi dengan arak-arakan Maskot Si Babas dan bendera kirab yang berkeliling desa atau kelurahan dengan melintasi pusat-pusat keramaian di setiap kecamatan. Dalam pelaksanaannya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berkoordinasi dengan Forkompimcam dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta dibantu mobilisasi dari KPU Kabupaten Banyumas yang menyediakan kendaraan khusus untuk maskot dan bendera kirab.

Rofingatun Khasanah menyampaikan bahwa Kirab Pilkada 2024 ini bukan hanya sebuah seremoni, tetapi juga wujud nyata partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung suksesnya Pilkada 2024. “Kirab ini diharapkan dapat menyosialisasikan Pilkada dengan lebih luas dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka,” ujarnya. 

Kirab Pilkada ini juga menjadi ajang kolaborasi berbagai elemen masyarakat, seperti PPK, Panwascam, PPS, dan elemen masyarakat lainnya, bersama mewujudkan pemilu yang transparan dan inklusif di Kabupaten Banyumas. (sks)

Penulis: Humas

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX