Politik

KPU Banyumas Gelar Sosialisasi Pencalonan Bupati Jalur Perseorangan

Jumat, 3 Mei 2024 05.18

Suara Purwokerto -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan sosialisasi tahapan dan pencalonan perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2024 pada Kamis (02/05). Hal ini berkaitan dengan persiapan dalam menghadapi pilkada serentak mendatang yang akan digelar pada Rabu, 27 November 2024.

Bertempat di Meotel Purwokerto, kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Banyumas, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan juga Tokoh Agama.

Membuka acara, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Rofingatun Khasanah menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak yang telah hadir. Terlebih lagi bagi pihak yang berniat maju dalam pilbup Banyumas mendatang. Ia juga menyinggung beberapa tokoh masyarakat yang hadir dan menjadi buah bibir serta digadang-gadang sebagai calon dalam pilbup mendatang. Tak lupa ia juga berdoa semoga pilkada mendatang sukses melahirkan calon pemimpin yang dekat dengan masyarakat dan membangun demokrasi.

Sambutan kedua disampaikan oleh PJ Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro. Di dalam sambutannya ia berpesan pada calon bupati selanjutnya agar dapat menjaga agar barang-barang kebutuhan terjangkau, ketersediaan barang, distribusi kebutuhan pokok, dan menjalin komunikasi antar-stake holder. Selain itu juga ia menyampaikan berkaitan esensi dari pilbup nanti dari jalur perseorangan maupun partai politik. 
“Tujuan yang utama adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat baik yang menjadi Bupati dari jalur perseorangan maupun partai politik,” ujar Hanung.

Selepas sambutan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Oktafiani Catur Pratiwi yang merupakan akademisi dari FISIP Unsoed Purwokerto. Dosen Ilmu Politik ini memaparkan mengenai catatan penting yang menjadi pertimbangan ketika terdapat calon dalam pilbup Banyumas melalui jalur perseorangan. 
“Kita berharap pilkada Banyumas nanti muncul figur yang paham Banyumas, tidak hanya muncul dan kemudian meninggalkan cita-cita Banyumas. Harapannya figur itu yang besar di situ, paham soal Banyumas, figur yang benar-benar dicintai bersama. Berharap 27 November nanti pilkada Banyumas damai, menghasilkan pemimpin-pemimpin sesuai harapan kita bersama,” pungkas Dosen yang akrab disapa Okta ini.

Pemateri berikutnya adalah Sidiq Fathoni, selaku Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu yang menyampaikan tentang teknis pencalonan perseorangan pilbup 2024. Fathoni menjelaskan bahwa proses terkait penyelenggaraan pilkada sudah berjalan. Sehingga menjadi penting untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Dengan harapan nantinya semakin banyak orang yang berpartisipasi menjadi calon dalam pilbub Banyumas. “KPU banyumas siap menerima siapa saja, yang mau melakukan pendaftaran melalui jalur perseorangan,” ujar Fathoni.

KPU Banyumas berharap dari kegiatan ini, selain untuk mendorong partisipasi calon dalam pilbup Banyumas, juga dapat meningkatkan partisipasi anak muda, serta meningkatkan pemahaman mereka mengenai penyelenggaraan pemilihan.

Fikri selaku perwakilan HMI Purwokerto mengungkapkan bahwa “Terkait pelaksanaan kegiatan ini, pertama kita lebih tahu bagaimana mekanisme mengenai pemilihan bupati maupun pilkada pada November 2024 yang akan datang. Kedua hal yang kita harapkan tentunya adalah berjalannya pemilu ini berjalan damai. Dan kami selaku organisasi ekstra dan khususnya dari HMI, siap mengawal dan memantau mekanisme dan jalannya pada November yang akan datang nanti.” 

Hal senada disampaikan oleh Rico selaku perwakilan PC IMM Banyumas yang menyatakan bahwa IMM akan terus mendukung mengawal untuk pilkada 2024 ini agar terus sukses baik dari penyelenggara dan lain sebagainya. (BRS_ed sks)

Penulis: HumasKPU

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX