Politik

Pemilih Cerdas Pilkada, Tak Hanya Memilih Tapi Mampu Ajukan Program

Sabtu, 20 April 2024 17.16

Suara Purwokerto
PURWOKERTO - Menjelang Pilkada serentak 2024, masyarakat diimbau menjadi pemilih cerdas. Diantaranya mampu mengajukan rencana program terhadap pasangan bupati-wakil bupati Banyumas yang akan didukung. Program ini sebagai upaya membangun daerah dan menciptakan kesejahteraan rakyat.

Demikian disampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip Unsoed, Dr. Indaru Setyo Nurprojo dalam acara diskusi 'Korelasi Pemilukada dengan Kesejahteraan Rakyat' di aula Kelurahan Arcawinangun, Sabtu (20/4) siang. Acara diikuti oleh pengurus PDIP tingkat kecamatan dan kelurahan di  Purwokerto Selatan dan Purwokerto Timur.

"Jadi tidak hanya menjadi pemilih semata namun mampu mengajukan usulan program di tingkat kelurahan atau kecamatan kepada kandidat bupati dan wakil bupati yang akan dipilih," kata Indaru yang kemudian disambut tepuk tangan hadirin.

Selain Indaru, narasumber lain adalah Dosen Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed Dr. Arizal Mutahir dan Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah Bambang Hariyanto Bachrudin. Acara dimoderatori oleh Subhan Purno Aji. Acara dimulai pukul 15.00 wib dan berakhir pukul 17.00 wib.

Dalam paparannya, Arizal menyampaikan agar pemilih tidak tergiur pada bujuk rayu politik uang (money politics).

Kemudian Bambang Hariyanto Bachrudin atau yang akrab disapa BHB menyampaikan acara yang mengundang dua akademisi tersebut dimaksudkan memberikan pencerahan kepada pengurus parpol.

"Saya tidak bicara siapa yang akan maju dalam Pilkada besok, melainkan mengajak kepada para pemilih untuk melihat proses politik Pilkada sebagai upaya membawa Banyumas lebih sejahtera," kata Bambang. Ia menyampaikan hal tersebut karena sempat ada pertanyaan dari peserta yang menanyakan apakah BHB akan maju dalam Pilkada 2024. 

Dalam sesi tanya jawab, beberapa peserta melontarkan pandangan yang menunjukkan adanya ketimpangan kesejahteraan. Misalnya ketiadaan honor bagi petugas program atau kader di kelurahan, masih berbelitnya prosedur mengurus kartu indonesia sehat (KIS) bagi masyarakat miskin.

Pilkada Banyumas akan digelar Rabu, 27 November 2024. Saat ini mulai bermunculan politisi memasang baliho yang berisi kesiapan menuju Pilkada 2024. (Hwo)

Penulis: Hawi

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX