Nasional

Dampak Anjloknya KA Argo Semeru Sejumlah Perjalanan KA dari Daop 5 Memutar

Selasa, 17 Oktober 2023 17.50

Suara Purwokerto - - Akibat anjloknya KA Argo Semeru (KA 17) relasi Surabaya Gubeng - Gambir di KM 520+4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Wates, sejumlah KA dari wilayah Daop 5 Purwokerto dilakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan KA dari wilayah Daop 5 Purwokerto yang perjalanannya memutar hingga release ini diterbitkan yakni KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo dan KA Joglosemarkerto akan memutar lewat Prupuk dan Tegal.

Selain memutar, kata Feni, ada juga sejumlah perjalanan kereta api dari Daop 5 atau yang lewat Daop 5 yang dibatalkan perjalanannya. Untuk yang over stapend, penumpang akan dinaikkan dengan bus dari stasiun kereta berhenti menuju ke kota tujuan. 

"Namun  bagi Penumpang yang memilih mengakhiri perjalanannya maka akan mendapatkan pengembalian bea tiket 100%," jelasnya.

Ia menambahkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan kereta api yang terganggu perjalanannya dampak anjloknya KA Argo Semeru (KA 17) relasi keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Gambir di KM 520+4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Wates, Selasa (17/10), pukul 13.15 WIB siang ini.

Feni menjelaskan bahwa untuk penyebab kejadian tersebut masih dalam pemeriksaan pihak terkait. 

"KAI Daop 5 Purwokerto memohon maaf kepada pelanggan KA atas gangguan perjalanan tersebut. Kami sampaikan bahwa saat ini masih dilakukan penanganan di jalur tersebut, sehingga perjalanan kereta api baik penumpang dan barang diharapkan segera dapat kembali normal," ujarnya.

Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo, kata dia, untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang yang menggalami musibah tersebut.  

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. 

"Bagi perjalanan KA - KA yang akan melintas di wilayah Wates - Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend," imbuhnya.
Berikut adalah 
Daftar KA Memutar:
 1. KA 115 Ranggajati dari Yk-Slo memutar Slo-Cn
 2. KA 211 Logawa dari Slo-Tg memutar Tg-Pwt
 3. KA 105 Gayabaru Malam selatan memutar Slo-Cnp
 4. KA 122 Jokotingkir memutar SLO/PWS)
 5. KA 124 Bangunkarta memutar Cn/Slo)
 6. KA 118 Wijaya Kusuma memutar Kya-Tg
 7. KA 55 Gajayana memutar Slo/Cn
 8. KA 217 Jayakarta memutar Slo/Cn
 9. KA 133 Kertanegara memutar Slo/

Daftar KA Batal dr Wilayah Daop 5:
    1. KA 68 Taksaka Batal Kta-Yk
    2. KA 138 Gajahwong Batal Kta-Lpn
    3. KA 142 Fajar Utama Yk Batal Kta-Yk
    4. KA 149 Sawunggalih Batal Kta-Pse
    5. KA 163 Joglosmarkerto Batal Slo-Smt
    6. KA 162 Joglosmarkerto Batal Bth-Slo
    7. KA 165 Kamandaka Batal Smt-Tg
    8. KA 164 Kamandaka Batal Tg-Pwt
    9. KA 133 Kertanegara Batal Yk-Pwt

Penulis: Soediarto

Editor: Aksan

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX