Budaya

Masih Berlangsung,Lomba Dalang Bocah di Taman Apung Mas Kemambang

Rabu, 9 Oktober 2024 14.10

Suara Purwokerto
Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Banyumas menggelar Lomba Dalang Bocah di Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto, Rabu 9 Oktober 2024. Pembukaan dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas, Fendi Rudianto mengatakan lomba ini menjadi agenda rutin setiap tahun merupakan bentuk upaya memelihara budaya adiluhung. Selain dalam rangka Hari Wayang Nasional, lomba ini juga untuk menyeleksi para dalang anak berbakat untuk mewakili pada ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Tahun lalu, Banyumas melahirkan sosok dalang muda yaitu Risang Narendra Dwijawara, dalam berusia 9 tahun yang berhasil menyabet gelar Juara Harapan 1 Festival Dalang Anak Nasional 2023," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Pepadi Banyumas, selalu berusaha untuk mengembangkan dan mencari bibit unggul pedalangan.

Ketua Pepadi Kabupaten Banyumas Sriyono mengatan peserta lomba dalang nanti ada 8 orang perwakilan Korwil Pepadi di Kabupaten Banyumas yaitu eks Kotip, Baturraden, Sokaraja, Karanglewas, Ajibarang, Jatilawang dan Sumpiuh. Namun ada 1 korwil yang mengirimkan 2 peserta.

Sriyono menambahkan syarat peserta adalah usia 8-15 tahun, menampilkan wayang Gagrag Banyumasan dan maksimal penampilan 45 menit. Menurutnya Pepadi Banyumas terus mengembangkan Wayang Gagrak Banyumasan sehingga menjadi salah satu kriteria penilaian.

"Kami juga terus mengembangkan Wayang Gagrak Banyumas, para peserta diminta untuk menampilkan bahasa Panginyongan 
(Banyumasan), termasuk iringan dan suluknya," katanya

Penulis: Parsito

Editor: Afiliasari

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX